Sehari di Ladang Singkong

Sehari di Ladang Singkong

Berbeda dengan Pak Umar, Pak Gani tetangganya memilih bertanam singkong di ladangnya. Ladang Pak Gani cukup luas. Pak Gani bertanam singkong, karena menurutnya nilai jual tanaman singkong cukup tinggi. Daun singkong dapat dijual untuk dimasak sebagai sayur. Di samping itu, umbinya merupakan salah satu bahan makanan penghasil karbohidrat. Banyak makanan tradisional Indonesia yang menggunakan singkong sebagai bahan bakunya.

Oleh karena itu, ketika liburan Udin juga sempat berkeliling di ladang singkong Pak Gani. Ketika itu, Pak Gani dan beberapa pekerjanya baru saja menanam bibit singkong di ladangnya. Ladang singkong Pak Gani berbentuk persegi panjang dengan luas 100 m2. Di ladangnya ditanam sepuluh baris batang singkong berjejer rapi. Di setiap baris, ditanami dua puluh batang singkong dengan jarak yang sama. Oleh karena baru ditanam, dari kejauhan batang-batang singkong terlihat seperti barisan patok kayu.

Udin sempat berdiri di tengah ladang Pak Gani. Terasa oleh Udin sengatan panas matahari, karena belum ada helai daun singkong yang menaungi ladang. Untuk mengurangi terpaan panas, di sekeliling ladang ditanami pohon buah-buahan. Di bawah pohon buah-buahan tersebut, Pak Gani dan para pekerjanya beristirahat sejenak melepas lelah. Mereka juga biasa menikmati bekal makan siangnya di bawah pohon buah-buahan tersebut.

Di sebelah Timur ladang, terlihat sebuah kolam ikan. Bunyi kecipak air karena gerakan ekor ikan gurame yang menjadi penyejuk suasana di tengah ladang.

Udin menikmati ketika berada di ladang Pak Gani. Sudah terbayang olehnya, sekitar delapan bulan lagi Pak Gani akan memanen hasil ladangnya. Singkong dari ladangnya akan dinikmati oleh banyak orang dalam berbagai bentuk penganan.

Mari bersama-sama menjawab pertanyaan dibawah ini berdasarkan teks diatas

1. Dalam cerita di atas, mengapa Udin dapat bercerita mengenai suasana di kebun singkong Pak Gani?

Udin mendapatkan informasi mengenai kebun singkong berdasarkan hasil observasi/pengamatan.

2. Apakah Udin perlu wawancara untuk bercerita mengenai suasana di kebun singkong Pak Gani?

Udin tidak melakukan wawancara untuk mencari informasi mengenai kebun singkong.

3. Apakah Udin perlu mencari data dari sumber bacaan lain mengenai kebun singkong untuk menceritakan suasananya?

Udin tidak mencari data dari sumber bacaan lain mengenai kebun singkong.

4. Apakah bacaan tersebut merupakan jenis laporan investigasi? Coba jelaskan!

Teks tersebut tidak termasuk teks investigasi, karena Udin tidak melakukan investigasi, seperti wawancara atau studi pustaka untuk mendapatkan informasi. Udin hanya melakukan pengamatan secara umum.

Penting

Teks deskripsi menggambarkan satu objek berdasarkan pengamatan panca indra. Teks deskripsi dapat dibuat tanpa melakukan wawancara atau sumber pengamatan lain.

Berbeda dengan teks “Bagaimana Jagung Berkembang Biak?” teks tersebut termasuk jenis laporan investigasi. Teks laporan investigasi menggambarkan objek suatu peristiwa secara terperinci. Untuk menulis teks ini selain melakukan pengamatan, penulis perlu mencari sumber lain untuk mendukung tulisannya seperti melakukan wawancara dan studi pustaka.

sumber : https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/