Bertelur dan Melahirkan

Hewan memiliki kemampuan berkembang biak untuk mempertahankan kelestariannya. Pada umumnya, kita mengenal dua jenis perkembangbiakan hewan, yaitu bertelur dan melahirkan.

Perkembangbiakan terjadi saat sel telur betina bertemu dengan sel sperma jantan, kemudian terjadilah pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi ini kemudian berkembang menjadi bakal bayi dari jenis hewan yang bersangkutan.

Pada hewan melahirkan, bakal bayi berkembang di dalam tubuh induknya hingga usianya cukup untuk dilahirkan. Pada hewan petelur, sel telur yang telah dibuahi kemudian dikeluarkan oleh induknya, telur ini kemudian dierami oleh sang induk hingga telur tersebut berkembang menjadi bakal bayi dan keluar dari cangkang telurnya.

Selain kedua jenis hewan tersebut, ternyata ada juga jenis hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan yang disebut dengan hewan ovovivipar. Hewan ovovivipar memiliki kemampuan untuk bertelur dan melahirkan.

Tuliskan persamaan dan perbedaan ketiga jenis perkembangbiakan hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar dalam bentuk diagram venn berikut ini.

sumber : https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/