Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu
Gambar diatas adalah diagram alur aliran listrik dari awal hingga sampai ke rumahmu. Perhatikan gambar diatas dan simak penjelasannya dibawah ini.

Tahap 1
Di Pembangkit Listrik

Di pusat pembangkit listrik, terjadi proses perubahan energi menjadi energi listrik. Turbin dan generator merupakan komponen utama dalam beberapa jenis pembangkit listrik. Contohnya di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi kinetik yang dihasilkan oleh aliran air diubah menjadi energi listrik oleh generator.

Tahap 2
Di Transformator Penaik Tegangan

Di sini energi listrik dinaikan tegangannya hingga 500 kV oleh generator. Hal ini diperlukan agar arus listrik yang mengalir di saluran tidak terlalu tinggi. Dengan demikian perpindahan arus listrik berlangsung secara efektif dan efisien.

Tahap 3
Di Gardu Listrik

Melalui SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi), listik dialirkan ke Gardu Induk. Disini tegangan listrik diturunkan menjadi tegangan menengah 20 kV oleh transformator penurun tegangan.

Tahap 4
Di Gardu Distribusi

Disini, energi listrik kembali diturunkan lagi tegangannya menjadi tegangan rendah 220 Volt. Tegangan listrik sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan di rumah. Setelah itu, energi listrik dialirkan ke rumah-rumah dan industri melalui jaringan distribusi.

Tahap 5
Di Rumahmu

Nah, energi listrik sudah sampai di rumahmu. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menonton TV, mendinginkan lemari es, menyetrika, penerang ruangan, dan lain-lain.

Jelaskan proses transmisi dan distribusi listrik sehingga sampai di rumahmu.

Pembangkit listrik memproses perubahan energi menjadi energi listrik. Lalu energi listrik tersebut dinaikan tegangannya menjadi 500kV oleh generator. Lalu listrik tersebut dialirkan melalui SUTET yang juga akan menyalurkan ke gardu induk, sebelumnya aliran diturunkan menjadi 20kV oleh transformator. Setelahnya pada gardu distribusi, tegangan kembali diturunkan menjadi 220volt. Lalu listrik dialirkan ke rumah melalui jaringa distribusi.

Apa manfaat SUTET?

SUTET sendiri berarti saluran udara tegangan tinggi. Berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari tempat beraliran listrik tinggi ke gardu-gardu distribusi.

Proses apa yang terjadi pada bagian pembangkit tenaga listrik?

Pada pembangkit tenaga listrik terjadi perubahan energi menjadi energi listrik. Sebagai contoh PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) mengubah energi panas uap menjadi energi listrik melalui turbinnya.

 

sumber : https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/