Ayo, Sayangi Hewan di Sekitar Kita

Ayo Sayangi Hewan di Sekitar Kita

Seringai kegembiraan tampak di wajahnya. Mata bulat dengan bola berwarna hijau terang bergerak ke sana ke mari mengikuti potongan ikan goreng yang berserakan di piringnya. Mulutnya penuh dengan gigi-gigi tajam yang dengan cepat menguyah dan menghabiskan serpihan ikan tanpa sisa. Wajahnya yang penuh diliputi dengan bulu-bulu halus berwarna cokelat tampak puas dengan sarapannya pagi ini.

Si Belang adalah kucing peliharaan Alia. Alia adalah sepupu Lani. Alia merawat si Belang dengan penuh kasih sayang. Setiap hari Alia memberi makan si Belang dengan makanan kesukaannya. Alia menyisihkan sebagian uang jajannya untuk membeli makanan kesukaan si Belang.

Si Belang tampak sehat dan kuat. Si Belang juga sangat menyayangi Alia. Setiap pagi, si Belang dengan sabar menunggu Alia yang sedang menyiapkan sarapan untuknya. Pernah suatu ketika, Alia tidur sangat larut sehingga tidak terbangun di pagi hari. Si Belang tiba-tiba melompat ke kasurnya dan menarik selimut Alia serta menggosok-gosokkan ujung hidungnya di kaki Alia. Alia pun terbangun dan segera bersiap-siap untuk ke sekolah. Berkat si Belang, pada hari itu pula Alia dapat tiba di sekolah tepat waktu.

Oleh: Alia Ahmad

Mari bersama-sama menjawab pertanyaan berikut dengan teliti!

    1. Bagaimana hubungan antara Alia dan si Belang?

Belang adalah kucing peliharaan Alia

    1. Apa pesan moral yang terkandung dalam bacaan tersebut?

Kita harus menyayangi hewan-hewan yang ada disekitar kita, termasuk hewan peliharaan

 

sumber : https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/