Ayo, Lestarikan Hewan dan Tumbuhan

Beragam jenis hewan dan tumbuhan dapat ditemui di sekitarmu. Setiap jenis hewan dan tumbuhan tersebut memiliki peranan untuk menunjang keberlangsungan kehidupan di Bumi.

Tumbuhan berfungsi sebagai penyedia makanan bagi hewan dan manusia. Tanah yang kamu pijak ibarat pabrik raksasa yang menghasilkan ribuan bahkan jutaan jenis tumbuhan. Padi dan palawija menjadi sumber energi bagimu. Sayuran dan buah-buahan menjaga kesehatan tubuhmu. Pohon-pohon besar menyediakan kayu yang digunakan menjadi beragam jenis peralatan yang diperlukan bagi kehidupan kita.

Ribuan jenis hewan yang hidup di darat dan di air makin memperkaya kehidupan di Bumi. Setiap jenis hewan dan tumbuhan memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda beserta manfaatnya bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Ayam dan ikan sebagai sumber protein yang membuat anak-anak tumbuh kembang, besar, dan sehat. Beberapa jenis hewan seperti ikan, burung, kucing, dan anjing menjadi sahabat manusia yang menghibur dan menemanimu di kala sedih.

Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan hewan dan tumbuhan untuk dilestarikan. Dapatkah kamu bayangkan jika tidak ada lagi ayam atau ikan di bumi ini? Atau tidak ada lagi sayuran dan buah-buahan karena seluruh tanah kita tercemar oleh sampah. Sudahkah kamu bersikap bijak terhadap hewan dan tumbuhan? Ayo, kita lestarikan keberadaannya.

Diskusikan bersama teman untuk menjawab pertanyaan berikut.

    1. Apakah peranan produsen, konsumen, dan pengurai dalam kehidupan? Jelaskan dengan singkat.

Produsen
Produsen adalah membuat makanan, yaitu tumbuhan.

Konsumen
Konsumen adalah pemakan.

Pengurai
Pengurai adalah menguraikan hewan-hewan yang terkubur di dalam tanah.

    1. Apa yang akan terjadi pada hewan lainnya jika terjadi hal-hal berikut?


Tanaman jagung punah

Maka konsumen jagung, seperti ayam, akan punah

Ayam punah
Predator ayam akan berkurang, Manusia tidak bisa mengkonsumsi ayam

Cacing punah
Jasad di dalam tanah tidak akan terurai dan menumpuk di dalam tanah

    1. Bagaimana hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai? Jelaskan dengan singkat.

Keterkaitan hubungan antara produsen, konsumen, dan pengurai, yaitu semua konsumen memerlukan produsen, pengurai memerlukan jasad mati konsumen, produsen memerlukan zat-zat sisa konsumen yang diuraikan pengurai sebagai tempat tumbuh.

    1. Bagaimana hubungan antara perkembangbiakan tumbuhan dengan keseimbangan ekosistem? Jelaskan dengan singkat.

Tumbuhan memiliki kemampuan berkembang biak dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

    1. Bagaimana agar rantai makanan tersebut terjaga keseimbangannya? Bagaimana peran manusia didalamnya? Jelaskan dengan singkat dan berikan beberapa contoh.

Manusia memiliki peran untuk menjaga supaya tumbuhan sebagai produsen terjaga kelestariannya dengan menjaga tanah dan air supaya tidak tercemar.

 

sumber : https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/